Pengertian Router, Bridge, Firewall

Posted by Blogger Name. Category: ,

Pengertian Router, Bridge, Firewall -

Dalam dunia jaringan internet, kebutuhan peralatan yang memadahi sangat diperlukan sebagai penunjang tercapainya kenyamanan dalam berinternet ria. Apabila tidak dipenuhi, maka akan terjadi kendala yang membuat internet tiba-tiba mati dan itu sangat menyebalkan.

Berikut peralatan yang d gunakan untuk menunjang kenyamanan dalam ber-internet. :

1. Router 
Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur lalu lintas data pada jaringan Internet. Pengaturan data tersebut diarahkan menuju kepada port/ alamat tertentu yang telah diatur sebelumnya untuk menghasilkan hubungan antar jaringan itu sendiri.

Internet adalah hubungan antar komputer yang jumlahnya sampai milyaran, dengan menggunakan router jaringan komputer dapat terhubung antara satu dengan yang lain sehingga dapat mengakses komputer lain. contohnya kita dapat mengakses facebook, twitter dll, website-website tersebut pada dasarnya adalah sebuah komputer yang kita akses melalui router tentunya IP yang berada pada komputer yang kita pakai berbeda dengan IP "komputer-nya" facebook, twitter, itu adalah salah satu fungsi dari router.

Router dibagi 2 jenis :

  • Static Routing 

adalah perangkat router yang memiliki tabel statis (tetap) yang telah diatur secara manual.


  • Dinamic Routing 

adalah perangkat router yang memiliki tabel dinamis (berubah). Jenis Router ini dapat menyesuaikan tabel routing lalu lintas data pada jaringan yang terhubung router tersebut.

2. Bridge
Perbedaan Router dengan brigde adalah sebagai berikut :

 Router : skema pengalamatan menggunakan IP
 Bridge : Skema pengamatan menggunakan MAC Address

3. Firewall 
Perangkat yang mengatur lalu lintas jaringan komputer untuk keamanan, Perangkat berfungsi melewatkan dan atau mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Rata-rata firewall terdapat pada router atau perangkat yang terletak antara sumber internet dan client supaya dapat memproteksi data-data yang tidak ijinkan masuk oleh administrator.

Firewall dibagi 2 macam 

  • Personal Firewall adalah program yang digunakan untuk melindungi komputer dari akses yang tidak diinginkan.
  • Network Firewall adalah sebuah program yang digunakan untuk melindungi jaringan komputer 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►